Tahukah Anda (Part 3)

Daerah Alaska dibeli Amerika dari Rusia pada tahun 1867, yaitu pada masa pemerintahan Menteri Dalam Negeri William Seward. Tanah Alaska adalah harga tanah termurah di dunia, Amerika saat itu hanya perlu membayar 7,2 juta dollar untuk mendapatkan tanah seluas itu (yang sekarang menjadi negara bagian terluas Amerika). Harga yang ditawar Amerika setara dengan 2 sen dollar per acre atau kira-kira Rp.70 per hektar!!


Isitilah ''hooker'' dalam konotasi pelacur atau wanita penghibur, ternyata berasal dari para prajurit Amerika. Saat perang sipil, dikenal seorang jenderal dari pihak Union (utara) yang bernama Joseph Hooker. Jenderal ini sering membawa wanita-wanita penghibur untuk menemaninya di kota New Orleans sepanjang masa perang sipil. Oleh anak buahnya, wanita-wanita ini diberi nama Hooker's Division.

Lama-kelamaan ''Division'' menghilang, dan akhirnya wanita-wanita dengan profesi demikian mendapat julukan hooker sampai sekarang.


Boerhaave seorang Belanda dan penulis buku ''Elementa Chemiae'' meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku besar bersegel dengan judul ''The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art'' (Rahasia Paling Dalam dan Satu-Satunya Dalam Seni Pengobatan).

Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yang telah mengeluarkan uang senilai $20.000 dalam emas membawa pulang buku itu. Saat segel dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, cuma terdapat tulisan pendek ''jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun jatuh miskin''.


Pada beberapa kebudayaan di dunia termasuk diantaranya pada beberapa suku Indian Amerika Tengah dan kaum Thracia dari daerah Bulgaria, kelahiran disambut dengan kesedihan sementara kematian disambut dengan kegembiraan.

Ketika seorang bayi lahir, maka keluarganya akan duduk mengelilingi sang bayi, sambil meratapi kesusahan-kesusahan yang akan dialami sang bayi di masa hidupnya. Sebaliknya, saat menghadiri kematian, para tamu yang hadir justru tertawa dan melawak dihadapan orang yang meninggal, karena mereka percaya bahwa orang yang mati sedang menuju negeri kebahagiaan. Terkadang, istri atau hewan favorit milik yang mati ikut dibunuh, sehingga mereka pun dapat turut bersama berbahagia di alam baka.


Undang-Undang Sekolah tahun 1647 di Massachussets mewajibkan bahwa setiap desa dengan penduduk di atas 50 kepala keluarga harus membangun sebuah sekolah, atau menghadapi denda sebesar 5 pounds.

Dari Undang-Undang inilah berkembang sekolah dasar di amerika utara dan terbentuk ''gerakan wajib belajar'' pertama di dunia.


Di masa jayanya Wilhelm Steinitz adalah salah satu pemain catur paling cemerlang di dunia. Namun saat semakin tua, ia secara perlahan-lahan dijangkiti kegilaan, dan sering merasa bahwa ia dapat menelepon seseorang tanpa menggunakan telepon, atau bermain catur tanpa menyentuh bidak.

Puncak kegilaannya terjadi pada saat Steinitz mengumumkan kepada masyarakat luas, bahwa ia hendak menantang Tuhan untuk bermain catur. Lebih parah lagi, ia menawarkan fur satu bidak dalam pertandingan itu.


Pernikahan aktor Hollywood Rudolph Valentino dengan aktris Jean Acker sebagaimana layaknya pernikahan kaum selebritis, berlangsung meriah di Hollywood tanggal 5 November 1919.

Namun terdapat hal yang sangat luar biasa terjadi setelah pernikahan itu. Pernikahan pertama Rudolph Valentino itu berakhir 6 jam kemudian. Pengantin baru itu sepakat untuk bercerai di pagi hari setelah malam pertama mereka.


Kepercayaan terhadap bayam dapat memberikan sumber tenaga yang besar, seperti yang dipopulerkan Popeye the Sailorman, ternyata berdasarkan pada suatu kekeliruan.

Kekeliruan ini muncul di tahun 1870, ketika sebuah tabel gizi yang sangat populer di amerika, menyatakan bahwa bayam memiliki 10 kali lebih banyak zat besi dibanding sayuran lain. Kekeliruan ini terjadi karena salah menempatkan koma pada angka yang tertera. Dalam kenyataannya, kandungan zat besi bayam sama dengan sayuran lain.


Pagi hari pada tanggal 29 Maret 1948 merupakan hari istimewa. Para turis yang mengunjungi air terjun Niagara terheran-heran saat mendapati air terjun tersebut berhenti mengalir. Mereka menyaksikan air terjun itu mengering dan menyisakan bebatuan dengan beberapa genangan air di dasar aliran sungai. Apa yang membuat air niagara mengering??

Angin kencang dan bongkahan es rupanya telah memblokir aliran Danau Erie yang menjadi sumber air terjun Niagara, sehingga air terjun tersebut menjadi ''lenyap''. Kira-kira 30 jam setelah Niagara berenti mengalir, bongkahan es itu pecah dan selanjutnya aliran kencang air kembali mengalir dan air terjun Niagara kembali menggerumuh hingga kini.


Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga Forrester, di Amerika, telepon biasa memerlukan waktu 91 tahun untuk mencapai jumlah 100 juta unit terpasang. Sedangkan televisi memerlukan waktu 54 tahun untuk mencapai jumlah yang sama. Sementara saat ini, handphone memperoleh satu pelanggan baru setiap 1,3 detik!!


Kalau bicara tentang selera makan rasanya sulit ada makhluk lain yang bisa menandingi komodo. Mengapa demikian? Karena komodo memiliki selera makan yang sangat luar biasa. Biasanya seekor komodo mampu menyantap 2,5 kg makanan dalam semenit, dan baru berhenti kalau sudah kenyang.

Kapan kenyangnya? Sulit diukur, karena sering terjadi komodo makan hingga 90% berat badannya, hanya dalam sekali makan. Ini sama dengan seorang dewasa makan 400 biji hamburger dalam sekali duduk.


Para ilmuwan yang terlibat penelitian tingkah laku hewan menyatakan bahwa babi tidak seperti hewan peliharaan manusia lainnya. Babi memliki kemampuan berpikir yang unik. Babi dapat memecahkan suatu persoalan dengan cara memikirkannya terus-menerus, bukan dengan pikiran sekilas.

Dari hasil penelitian itu pula ditemukan, bahwa apa yang bisa dilakukan oleh anjing, dapat dikerjakan oleh babi, dan biasanya dalam waktu yang lebih singkat.


Menurut pada ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras dari motor Harley Davidson, bahkan lebih keras dari suara konser rock terbesar sekalipun, dan juga lebih keras dari suara ledakan bom.

Seberapa keraskah suara ikan paus biru? Suara ikan tersebut adalah 188 desibel!! Angka ini sama juga dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel sama saja peninggkatan intensitas suara 10 kali.

Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tinggalnya di dalam laut.


Spesies terbesar binatang kangguru, yaitu kangguru merah, dapat memiliki kepala hingga sebesar seekor biri-biri, dengan tinggi badan hingga 210 cm.

Sebenarnya di masa lampau pernah hidup spesies kangguru yang lebih besar lagi. Dari penemuan fosil, tinggi spesies kangguru raksasa ini menjulang hingga 304 cm (setinggi ring basket), dengan kepala sebesar kuda poni Shetland.

Tentu saja tidak semua kangguru berukuran raksasa. Ada jenis kangguru dalam bentuk miniatur, diantaranya adalah musk kangoroo, yang besarnya tidak lebih dari seekor kelinci.


Jika anda mampu berteriak selama 8 tahun, 7 bulan, 6 hari, maka anda memiliki cukup energi suara untuk memanaskan secangkir kopi panas.


Jika seorang manusia dapat kentut secara konstan selama 6 tahun 8 bulan, maka energi yang dihasilkan setara dengan energi yang dihasilkan bom atom.


Seekor kecoa dapat bertahan hidup selama 9 hari tanpa kepala, sebelum mati karena kelaparan, dan benar-benar mati dalam 2 minggu.


Lebah dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan ladang tambang bahkan mendeteksi ladang ranjau.


Untuk mencetak satu edisi Sunday Edition koran ''The New York Times'', diperlukan kertas yang berasal dari kira-kira 63.000 batang pohon.

Harap dimaklumi, satu edisi ''The New York Times'' terdiri dari puluhan halaman, dengan rata-rata satu edisi lengkap mencapai berat satu kilogram. Selain itu harian ''The New York Times'' juga termasuk surat kabar terbesar di amerika serikat, dengan tiras 1,1 juta exemplar.


to be continued...


0 komentar to "Tahukah Anda (Part 3)"

Posting Komentar