Tahukah Anda (Part 1)

Ini adalah sekumpulan pengetahuan yang mungkin tidak semua orang tahu. So enjoy it..

Menurut beberapa survey, Yahoo.com adalah website yang paling sering dikunjungi seantero internet. Anda mungkin sudah tau tentang itu, tetapi masih ada hal yang tersisa. Tahukah anda apa arti kata Yahoo?

Yahoo ternyata sebuah singkatan. Menurut informasi resmi dari perusahaan tersebut, Yahoo adalah singkatan dari ''Yet Another Hierarchical Officious Oracle'' yang berarti ''satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis''.

Memang susah menjelaskannya, baik dalam bahasa indonesia maupun inggris, lebih gampang menyebutnya Yahoo saja.


Di bulan februari 1657, sebuah upacara kecil dilakukan di kota Tokyo untuk menolak bala. Dalam upacara kecil itu, seorang pendeta bermaksud membakar sebuah kimono yang dianggap membawa sial. Kimono itu telah dimiliki oleh tiga orang anak perempuan yang semuanya meninggal sebelum sempat menggunakannya.

Upacara ini tidak tercatat dalam sejarah, bila tidak ada buntutnya. Saat kimono tersebut dibakar, angin kencang berhembus, dan api menyebar ikut melahap kuil tempat upacara dilakukan. Tidak berhenti di situ, api ikut menghancurkan hampir tiga perempat bagian kota Tokyo.

Tercatat 300 kuil terbakar, ditambah 500 bangunan besar, 9000 toko, dan 61 jembatan. Korban yang jatuh dalam kebakaran besar tersebut mencapai sekitar 100.000 orang. Semua karena kimono pembawa sial.


Bila seseorang menghitung setiap saat satu detik untuk satu hitungan, 24 jam sehari tanpa henti, maka waktu yang diperlukan untuk menghitung bilangan dari 1 sampai 1 trilyun adalah 1 trilyun detik, atau sama dengan 16,67 milyar menit, atau sama dengan 277,78 juta jam, atau sama dengan 11,57 juta hari, atau sama dengan 31.709,79 tahun (tiga puluh satu ribu tujuh ratus sembilan tahun) untuk dapat mencapai bilangan 1 trilyun.

Bila 1 trilyun dalam pecahan lembar 1 dollar ditumpuk satu diatas yang lainnya, maka tumpukan ini tingginya akan mencapai dua kali tinggi Mount Everest. Sementara itu deretan lembar 1 dollar senilai 1 trilyun dollar akan dapat melingkari bumi hingga 3.882 kali.


Teleskop pertama dibuat pada tahun 1608 oleh orang Belanda bernama Hans Lippershey. Teleskop tersebut memiliki dua buah lensa yang membiaskan cahaya dan membuat objek yang jauh kelihatan sangat dekat.

Setahun kemudian, seorang Italia bernama Galileo Galilei menggunakan teleskop yang serupa untuk mempelajari bulan.


Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza.

Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat. Ia mengatakan ''ma sacre toux'' (batuk sialan). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan ''massacrez tous'' (bunuh semua).

Akibatnya, seluruh 1200 tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jenderal...


Suatu hari, Presiden Theodore Roosevelt pergi berburu. Seekor beruang tertangkap dan diikat agar Presiden dapat menembaknya, namun Presiden Roosevelt tidak mau membunuh beruang itu. Kisah ini menjadi terkenal ketika dilaporkan di surat kabar dan digambar dalam bentuk kartun.

Seorang laki-laki bernama Morris Michtom memiliki toko permen dan alat-alat tulis. Istrinya yang bernama Rose kadang-kadang membuat boneka beruang kecil yang diletakkan di jendela toko mereka. Morris melihat kartun beruang di koran dan mendapatkan ide. Dia meminta istrinya membuat beberapa beruang khusus seperti yang ada di dalam gambar kartun itu.

Lalu Morris menulis surat yang ditujukan ke gedung putih, mananyakan apakah beruang baru itu boleh diberi nama seperti nama Presiden. Presiden membalas surat itu, ''saya pikir nama saya tidak begitu berharga dalam bisnis beruang, tapi anda boleh saja menggunakannya''.

Maka Morris meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Boneka beruang itu dinamai dengan nama panggilan Presiden Roosevelt, Teddy. Dan sampai sekarang boneka beruang tersebut terkenal dengan nama ''Teddy Bear''.


Tanda bahaya dalam keadaan darurat adalah SOS. Banyak yang mengatakan SOS adalah singkatan ''Save Our Soul''. Tetapi itu sebenarnya keliru. SOS bukanlah singkatan. Huruf SOS dipilih karena tanda ini dapat dengan mudah diingat bila dituliskan dalam kode morse (alfabet yang digunakan pada telegraf). Dengan kode morse, tanda SOS terbentuk dari tiga titik tiga garis dan tiga titik.

Tanda SOS pertama kali digunakan oleh kapal legendaris ''Titanic'' saat menjelang ajalnya. Namun sayangnya tanda SOS saat itu belum dikenal luas. Tidak heran pada saat musibah Titanic, kapal-kapal disekitarnya terlambat merespon dan memberi bantuan.

Sebagai alternatif dari SOS adalah ''mayday'', yang biasanya diucapkan lewat hubungan komunikasi radio. Kata mayday berasal dari kata ''m'aidez'' (bahasa perancis) yang berarti ''tolong saya''.


Manusia diciptakan Tuhan dengan keunikan yang luar biasa. Menurut hasil penelitian ilmu kedokteran, jika seorang dewasa dengan bobot tubuh rata-rata, maka selama 24 jam ia memiliki kesibukan :

-jantung berdenyut 103.689 kali
-darah menempuh perjalanan 168.000.000 mil
-bernapas sebanyak 23.040 kali
-menghirup udara sebanyak 483 meter kubik
-menelan 1,5 kg makanan
-meminum 3,5 liter cairan
-berkata-kata sebanyak 25.000 kata (termasuk kata-kata yang tidak perlu diucapkan)
-menggerakkan 750 otot
-kuku bertumbuh 0,00012 cm
-rambut memanjang 0,94353 cm
-sel otak sebanyak 7.000.000 terus bekerja


Sebuah nama domain terpanjang yang ada di internet adalah www.llanfairpwllgwyngyllgogerychwymdrobwilliantysilliogogogoch.co.uk dimana adalah merupakan sebuah situs yang mempromosikan suatu kota dengan nama yang sama dengan nama domain tersebut. kota dengan nama yang unik itu terletak di Anglesey, Gwynedd, Inggris.

Nama tersebut mempunyai arti bahwa ''gereja St. Mary terletak di suatu lembah yang pernuh pohon hazel putih, di dekat sebuah pusaran air yang sangat deras, dan gereja St. Tysillio berada di dekat gua yang berwarna merah''.


Raja Ptolomeus II yang memerintah Mesir dari masa 285 SM sampai 246 SM, memiliki nama asli ''Philadephus'', yang berarti ''penyayang saudara''. Namun semasa hidupnya, ia telah membunuh dua saudara laki-lakinya.

Penerusnya ternyata tidak lebih baik. Raja ptolomeus IV yang memerintah Mesir dari masa 221 SM sampai 203 SM, memiliki nama asli ''Philopator'', yang mempunyai arti ''penyayang ayah''. Namun semasa hidupnya, Raja Ptolomeus IV tersebut telah membunuh ayahnya. Jadi, apalah arti sebuah nama..

to be continued..


0 komentar to "Tahukah Anda (Part 1)"

Posting Komentar